---WELCOME "SALAM PERSAHABATAN"---

Senin, 26 April 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMP Negeri 3 Singaraja
Mata Pelajaran : P K N
Kelas / Semester : VII / Ganjil
Standar Kompetensi : 1. Menunjukan sikap positif terhadap norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegra.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan hakekat norma-norma ,kebiasaan,
adat istiadat dan peraturan yang belaku dalam
Masyarakat.

Indikator : 1.1.1 Menjelaskan Hakekat Manusia
1.1.2 Menjelaskan hakekat norma-norma di masyarakat
1.2.3 Mendeskripsikan tujuan dan fungsi norma

Alokasi waktu : 2 x 40 Menit

A. Tujuan Pembelajaran.

Pertemuan pertama
1. Siswa mampu menjelaskan hakekat manusia sebagai mahluk pribadi dan
Manusia sebagai mahluk sosial.
2. Siswa mampu menjelaskan pengertian dan hakekat norma dalam kehidupan
Bermasyarakat .
3. Siswa mampu menyebutkan tujuan dan fungsi norma.

B. Materi pembelajaran

Hakekat manusia
1. Manusia Sebagai Makhluk Individu
Individu berasal dari kata in dan devided. Dalam Bahasa Inggris in salah satunya mengandung pengertian tidak, sedangkan devided artinya terbagi. Jadi individu artinya tidak terbagi, atau satu kesatuan. Dalam bahasa latin individu berasal dari kata individium yang berarti yang tak terbagi, jadi merupakan suatu sebutan yang dapat dipakai untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan tak terbatas. Manusia sebagai makhluk individu memiliki unsur jasmani dan rohani, unsur fisik dan psikis, unsur raga dan jiwa. Seseorang dikatakan sebagai manusia individu manakala unsur-unsur tersebut menyatu dalam dirinya. Jika unsur tersebut sudah tidak menyatu lagi maka seseorang tidak disebut sebagai individu. Dalam diri individi ada unsur jasmani dan rohaninya, atau ada unsur fisik dan psikisnya, atau ada unsur raga dan jiwanya. Setiap manusia memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, tidak ada manusia yang persis sama. Dari sekian banyak manusia, ternyata masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Seorang individu adalah perpaduan antara faktor fenotip dan genotip. Faktor genotip adalah faktor yang dibawa individu sejak lahir, ia merupakan faktor keturunan, dibawa individu sejak lahir. Kalau seseorang individu memiliki ciri fisik atau karakter sifat yang dibawa sejak lahir, ia juga memiliki ciri fisik dan karakter atau sifat yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan (faktor fenotip). Faktor lingkungan (fenotip) ikut berperan dalam pembentukan karakteristik yang khas dari seseorang. Istilah lingkungan merujuk pada lingkungan fisik dan lingkungan sosial. Ligkungan fisik seperti kondisi alam sekitarnya. Lingkungan sosial, merujuk pada lingkungan di mana eorang individu melakukan interaksi sosial. Kita melakukan interaksi sosial dengan anggota keluarga, dengan teman, dan kelompok sosial yang lebih besar. Karakteristik yang khas dari seeorang dapat kita sebut dengan kepribadian. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh faktor bawaan genotip)dan faktor lingkungan (fenotip) yang saling berinteraksi terus-menerus. Menurut Nursid Sumaatmadja (2000), kepribadian adalah keseluruhan perilaku individu yang merupakan hasil interaksi antara potensi-potensi bio-psiko-fiskal (fisik dan psikis) yang terbawa sejak lahir dengan rangkaian situasi lingkungan, yang terungkap pada tindakan dan perbuatan serta reaksi mental psikologisnya, jika mendapat rangsangan dari lingkungan. Dia menyimpulkan bahwa faktor lingkungan (fenotip) ikut berperan dalam pembentukan karakteristik yang khas dari seeorang.
2. Manusia Sebagai Makhluk Sosial
Menurut kodratnya manusia adalah makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat, selain itu juga diberikan yang berupa akal pikiran yang berkembang serta dapat dikembangkan. Dalam hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosial, manusia selalu hidup bersama dengan manusia lainnya. Dorongan masyarakat yang dibina sejak lahir akan selalu menampakan dirinya dalam berbagai bentuk, karena itu dengan sendirinya manusia akan selalu bermasyarakat dalam kehidupannya. Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, juga karena pada diri manusia ada dorongan dan kebutuhan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain, manusia juga tidak akan bisa hidup sebagai manusia kalau tidak hidup di tengah-tengah manusia. Tanpa bantuan manusia lainnya, manusia tidak mungkin bisa berjalan dengan tegak. Dengan bantuan orang lain, manusia bisa menggunakan tangan, bisa berkomunikasi atau bicara, dan bisa mengembangkan seluruh potensi kemanusiaannya. Dapat disimpulkan, bahwa manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, karrena beberapa alasan, yaitu: a. Manusia tunduk pada aturan, norma sosial. b. Perilaku manusia mengaharapkan suatu penilain dari orang lain. c. Manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain d. Potensi manusia akan berkembang bila ia hidup di tengah-tengah manusia. B. Interaksi Sosial dan Sosialisasi 1. Interaksi Sosial Kata interaksi berasal dari kata inter dan action. Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik saling mempengaruhi antara individu, kelompok sosial, dan masyarakat. Interaksi adalah proses di mana orang-oarang berkomunikasi saling pengaruh mempengaruhi dala pikiran danb tindakana. Seperti kita ketahui, bahwa manusia dalam kehidupan sehari-hari tidaklah lepas dari hubungan satu dengan yang lain. Interaksi sosial antar individu terjadi manakala dua orang bertemu, interaksi dimulai: pada saat itu mereka saling menegeur, berjabat tangan, saling berbicara, atau bahkan mungkin berkelahi. Aktivitas-aktivitas semacam itu merupakan bentuk-bentuk dari interaksi sosial.
Setiap manusia memiliki kebutuhan hidup yang berbeda beda,untuk menghindari benturan antara individu yang satu dengan individu yang lainnya didalam memenuhi kebutuhannya maka didalam masyarakat sangat diperlukan adanya suatu aturan yang mengatur kehidupan bersama sehingga manusia didalam masyarakat bisa hidup teratur dan dapat menyadari bahwa setiap manusia memiliki kepentingan dan kebutuhan yang berbeda beda , dan manusia harus menyadari pula bahwa manusia tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri.didalam memenuhi kebutuhannya manusia harus bekerja sama dengan manusia yang lain.hubungan antara individu dengan individu yang lain perlu diatur dengan norma – norma.
Hakekat norma
Norma adalah kaedah-kaedah atau ketentuan-ketentuan yang mengatur prilaku manusia dalam masyarakat yang didalamnya berisi perintah-perintah, larangan-larangan dan bagi yang melanggar akan dikenakan sanksi.
Unsur-unsur norma :
1. adanya perintah-perintah.
2. adanya larangan-larangan.
3. adanya sanksi bagi yang melanggarnya.

Tujuan dan fungsi norma:
Tujuan norma :
1. untuk mengatur ketertiban dalam masyarakat.
2. untuk menjaga agar kepentingan individu tidak dapat diganggu oleh orang
lain.
3. untuk memberikan perlindungan kepada uamat manusia.
4. untuk mewujudkakan keadilan dalam masyarakat.
5. untuk memberikan jaminan keamanan kepada angota masyarakat
Fungsi norma adalah
1. Sebagai petunjuk hidup didalam pergaulan dimasyarakat.
2. dijadikan rambu-rambu didalam berperilaku di masyarakat

C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah Bervariasi
2. Tanya Jawab
3. Diskusi
4. Penugasan
D. Pendekatan
1. Menggunakan Pendekatan discovery dan inquiry
2. Model pembelajaran yang digunakan adalah Model Kooperatif STAD ( Student team achievement Division)

































a. Membentuk kelompok yang anggotanya terdiri dari 4-5 orang secara hiterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku)
b. Guru Menyajikan pembelajaran
c. Memberikan tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompoknya mengerti.
d. Memberikan Kuis/ pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu.
e. Memberikan evaluasi
f. Kesimpulan/ penutup

E. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Kegiatan Guru Waktu Keterangan


Pertama A. Kegiatan Pendahuluan
• Guru Menyampaikan salam dan sapa kepada siswa
• Guru Memeriksa kebersihan kelas
• Guru mengabsen siswa
• Menyampaikan kompetensi dan indikator yang ingin dicapai agar siswa dapat mengetahui materi yang akan dikuasai setelah pembelajaran.
• Guru memberikan Pretes
10 mnt
B. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
• Guru menyampaikan materi yang diajarkan yang disertai dengan tanya jawab untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi.
• Guru menampilkan gambar-gambar sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep terhadap siswa
• Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk melakukan diskusi kelompok
• Guru memberikan tugas/ permasalahan yang berkaitan dengan materi yang diajar pada kelompok untuk melakukan diskusi kelompok

b. Elaborasi
• Setiap kelompok mendapat sebuah kasus/ permasalahn oleh Guru yang berkaitan dengan materi yang diajarkan
• Kasus tersebut kemudian didiskusikan oleh setiap kelompok
• Setelah melakukan diskusi, perwakilan dari tiap-tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas

c. Konfirmasi
• Guru memanggil siswa secara acak menurut no undian dari masing-masing kelompok (setiap kelompok membuat no undian yaitu kelompok pertama yang anggotanya terdiri dari 5 orang jadi no 1-5 dan diteruskan ke kelompok kedua yaitu 5-10 dan seterusnya)
• Guru memberikan pujian akan jawaban yang diberikan siswa
• Guru membimbing dan mluruskan siswa akan jawaban-jawaban yang diberikan oleh setiap siswa yang kurang tepat
• Guru membererikan tanggapan terhadap jalannya diskusi 60 mnt
Penanaman Konsep














Penanaman kerja sama dan sharing pengetahuan








Penanaman Motivasi dan semangat belajar siswa
C. Kegiatan Akhir
• Guru bersama siswa menyimpulan materi yang telah jelaskan.
• Guru menugaskan siswa (Pekerjaan trumah) mencari contoh pelanggaran norma norma masyarakat baik dikoran atau majalah
• Memberikan postest kepada siswa. 10 mnt









E. Sumber Belajar
1. Buku paket ( Departemen Pendidikan Nasional )
2. Buku paket ( Yudistira )
3. LKS ( Ratih )
4. UUD 1945

F. Penilaian Hasil Belajar
a. Tehnik Penilaian : Tes
b. Bentuk penilaian : Essay dan diskusi

Soal Essay :
1. Jelaskan arti Manusia sebagai mahluk sosial.
2. Jelaskan pengertian norma !
3. Sebutkan unsur-unsur norma!
4. Sebutkan fungsi norma ( minimal 4 )
5. Sebutkan tujuan norma ( minimal 2 )

Soal diskusi :
1. Coba didiskusikan dengan kelompok kalian tentang bagaimana hakekat manusia sebagai makluk pribadi dan sosial
2. Coba didiskusikan dengan anggota kelompok kalian mengenai pengertian nilai dan norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
3. Diskusikan dengan anggota kelompokya mengenai unsur-unsur norma yang berlaku di masyarakat
4. Diskusikan dengan anggota kelompok kalian mengenai fungsi dan tujuan norma yang berlaku di masyarakat, berbangsa dan bernegara.

d. Kunci Jawaban
1. Manusia sebagai mahluk sosial artinya manusia tidak dapat hidup sendiri melainkan selalu ingin hidup bersama dengan manusia yang lain atas dasar saling hormat menghormati,
2. Norma adalah kaedah kaedah atau ketentuan ketentuan yang mengatur prilaku manusia yang didalamnya berisi perintah perintah ,larangan larangan yang bila dilanggar akan dikenakan sanksi.
3. Unsur-unsur norma :
- adanya perintah perintah.
- adanya larangan larangan
- adanya sanksi.
4. Tujuan norma adalah
-. Mengatur kehidupan manusia dalam masyarakat.
-. Menjaga ketertiban masyarakat
-. Menjaga keamanan masyarakat.
-. Untuk menjaga kepentingan tiap manusia agar tidak diganggu.
5. Fungsi norma adalah
- Sebagai petunjuk hidup dalam berperilaku dimasyarakat.
- Dijadikan pedoman dalam pergaulan dimasyarakat

Diskusi :
1.
















Penjelasan Bagan :
Dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, orang akan selalu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Manusia selain sebagai mahluk individu juga sebagai mahluk sosial dimana dalam kehidupannya tidak bisa sendiri harus selalau membutuhkan bantuan dari orang lain.coban bayangkan seandainya kita hidup sendiri di dunia ini tanpa adanya teman ataupaun keluarga disisi kita ? mungkin akan kesepian dan mati karena untuk memenuhi kebutuhan hidup harus adanya saling tolong menolong dan membantu satu dengan yang lainia sehingga terjalin suatu hubungan yang harmonis dalam kehidupan. Dalam konsep agama Hindu di kenal dengan tri premana yaitu pahyangan yaitu hubungan harmonis antara manusia dengan Tuhan ( Sebagai mahluk religius), segala aktivitas yang dilaksanakan haruslah seiringan dengan agama yang diyakini dan mematuhi perintah dan menjauhi larangann-NYA. Yang kedua Pawongan uaitu hubungan harmonis antara manusia dengan manusia (selain sebagai mahluk individu juga sebagai makluk sosial) dan yang terakhir Palemahan yaitu hubungan harmonis pada lingkungan kita.
Dengan adanya suatu pergaulan dalam masayrakat maka lahirlah yang namanya nilai dan norma dalam masyarakat. Norma ada karena adanay suatu hubungan dan peraturan yang disepakati bersama untuk dipatuhi dan dilaksanakan
Dalam Norma terdapat unsur-unsur sehingga norma tersebut dapat mengikat semua warga masyarakat
Norma merupakan suatu peraturan yang mengikat warga masayrakat. Maka norma tersebut memiliki suatu tujuan dan fungsi sehingga norma tersebut memiliki daya ikat yang sangan kuat dalam pergaulan bermsyarakat, berbangsa dan bernegara.

G. Rublik Penilaian Essay

NO URAIAN SKOR
1 Tulisan rapi dan mudah dibaca 20
2 Tidak ada coretan 10
3 Bahasa sistematis dan mudah dipahami 20
4 Jawaban tepat sesuai dengan fakta dan konsep 50

 Lembar Observasi saat diskusi

1. Mejelaskan arti manusia sebagai mahluk sosial

No Kegiatan siswa Skor
1
2
3 Siswa menjelaskan dengan benar
Siswa menjelaskan dengan kurang sempurna
Siswa menjelaskankan salah
2
1
0
Skor maksimal 2

2. Menjelaskan pengertian norma

No Kegiatan Siswa Skor
1
2
3
Siswa menyebutkan dengan benar
Siswa menyebutkan kurang sempurna
Siswa menjelaskan salah 2
1
0
Skor maksimal 2

3. Menyebutkan unsur unsur norma

No Kegiatan Siswa Skor
1
2
3
4 Menyebutkan 3 benar
Menyebutkan 2 benar
Menyebutkan 1 benar
Tidak menjawab atau menyebutkan tapi semua salah 3
2
1
0
Skor maksimal 3

4. Menyebutkan tujuan norma ( minimal 4 )

No Kegiatan Siswa Skor
1
2
3
4
5 Menyebutkan 4 benar
Menyebutkan 3 benar
Menyebutkan 2 benar
Menyebutkan 1 benar
Tidak menjawab atau menyebutkan tapi semua salah 4
3
2
1
0
Skor maksimal 4

5. Menyebutkan fungsi norma ( minimal 2 )
No Kegiatan Siswa Skor
1
2
3 Menyebutkan 2 benar
Menyebutkan 1 benar
Tidak menjawab atau menyebutkan tapi semua salah 4
2
0
Skor maksimal 4

Skala Skor : 0 - 100
Skor maksimal : 15

Nilai saat diskusi = Jumlah skor yang diperoleh X 100
Skor maksimal








Kriteria :

Jumlah skor 81-100 = Tinggi
Jumlah skor 61-80 = Sedang
Jumlaj skor 60-kebawah = Rendah

Mengetahui Singaraja, Januari 2010
Kepala SMP Negeri 3 Singaraja Guru Mata Pelajaran PKN

Kadek Dony Wiputra
NIM 0714041044



RENCANA PELAKSANAAN PENBELAJARAN
RPP 2




Satuan pendidikan : SMP Negeri 3 Singaraja
Mata pelajaran : P K N
Kelas / Semester : VII / Ganjil
Standar kompetensi : 1. Menunjukan sikap positif terhadap norma-norma yang
Berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
Bernegara.
Kompetensi dasar : 1.1 Mendiskrifsikan hakekat norma-norma ,adat istiadat,
dan peraturan yang berlaku dimasyarakat.
Indikator : 1.1.1 Menguraikan macam-macam norma.
1.1.2 Memberikan contoh-contoh pelanggaran norma-norma
dalam masyarakat

Alokasi waktu : 2 x 40 mnt

A. Tujuan pembelajaran :
1. Siswa dapat menyebutkan macam-macam norma yang ada dimasyarakat.
2. Siswa dapat memberikan contoh-contoh pelanggaran norma-norma dalam masyarakat

B. Materi pelajaran:
Macam –macam norma yang berlaku dimasyarakat:

1. Norma agama adalah petunjuk hidup yang diterima sebagai perintah,larangan,
yang harus dilakukan yang bersumber dari tuhan.
contoh pelanggaran norma agama adalah:
- Mencuri
- Membunuh.
- Tidak berbakti pada tuhan.
- Tidak hormat pada orng tua,
- Tidak pernah sembahyang.
- Dll.
Sanksi terhadap pelanggaran norma agama adalah akan mendapatkan hukum dosa.

2. Norma kesusilaan adalah norma atau petunjuk hidup yang mengatur prilaku
Manusia yang bersumber dari hati nurani manusia.
Contoh pelanggarannya adalah
- Berbohong.
- Memfitnah.
- Menipu
- Durhaka pada orang tua
- Mencuri.dll
Sanksi terhadap pelanggaran norma kesusilaan adalah penyesalan didalam
hati dan mendapat sanksi sosial berupa dikucilkan dalam pergaulan
dimasyarakat.

3. Norma kesopanan adalah norma atau petunjuk hidup yang timbul dan
diadakan oleh masyarakat itu sendiri untuk mengatur pergaulan sehingga
masing masing anggota masyarakat saling hormat-menghormati.
Contoh pelanggarannya :
- Meludah disembarang tempat.
- Membuang sampah disembarang tempat.
- Perpakaian yang tidak senonoh.
- Jorok dalam berpenampilan
- Ngomong yang kasar kepada orang yang lebih tua.
- Dll
Sanksi bila melanggar norma kesopanan adalah mendapatkan sanksi sosial
yaitu dikucilkan atau disisihkan dari pergaulan dimasyarakat.

4. Norma hukum adalah norma atau petunjuk hidup yang mengatur prilaku
Manusia yang dibuat oleh pemerintah atau pejabat negara yang berwenang.
Contoh pelanggarannya :
- Mencuri.
- Membunuh.
- Memperkosa.
- Merampok.
- Melanggar peraturan lalu lintas.
- Dll.

Melangar norma hukum akan mendapat sanksi berupa sanksi hukum yang
Bersifat tegas, nyata, memaksa dan mengikat.yaitu:
Hukuman pokok yaitu:
- Hukuman kurungan.
- Hukuman penjara.
- Penjara seumur hidup.
- Hukuman mati.
Hukuman tambahan yaitu :
- Hukuman denda.
- Disita barang barang yang digunakan untuk melakukan kejahatan.
- Disita barang barang yang diperoleh dari hasil melakukan kejahatan

Dibawah ini adalah contoh-contoh prilaku prilaku yang mencerminkan norma
Norma yang berlaku dimasyarakat:
- Suka sembahyang
- Suka bersedekah.
- Suka beramal
- Berbakti pada tuhan
- Berbakti pada orang tua.
- Jujur.
- Melaksanakan aturan hukum yang berlaku.
- Dll

Dibawah ini adalah contoh contoh prilaku yang tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku dimasyarakat:
- Mencuri.
- Membunuh.
- Memfitnah.
- Memperkosa.
- Tidak bertaqwa kepada tuhan.
- Berbohong.
- Durhaka kepada orang tua
- Memperdaya orang lemah.
- Dll

C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah Bervariasi
2. Tanya Jawab
3. Diskusi
4. Penugasan


D. Pendekatan

Strategi pembelajaran : Discovery Inquiri / mencari dan menemukan ( terpusat
pada siswa ).
Model pembelajaran : Model pembelajaran kooperatif Jigsaw, dengan langkah-
langkah sebagai berikut :
a. Siswa dikelompokan kedalam 5-6 anggota
b. Dalam setiap anggota kelompok ditugaskan mempelajari sub materi yang berbeda, dimana pembagian sub materi dalam satu kelompok tersebut dilakukan dengan menggunakan no undian.
c. Anggota kelompok yang mendapat sub materi yang sama akan membentuk suatu kelompok baru yang dikenal dengan kelompok ahli untuk mendiskusikan materi mereka.
d. Setelah selesai berdiskusi dalam kelompok ahli, tiap anggota kelompok kembali kekelompok asli dan secara bergantian mengajar teman satu timnya tentang sub bab yang mereka kuasai dan anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh

E. Langkah-langkah Pembelajaran.

Pertemuan Kegiatan Guru Waktu Keterangan


Pertama F. Kegiatan Pendahuluan
• Guru Menyampaikan salam dan sapa kepada siswa
• Guru Memeriksa kebersihan kelas
• Guru mengabsen siswa
• Menyampaikan kompetensi dan indikator yang ingin dicapai agar siswa dapat mengetahui materi yang akan dikuasai setelah pembelajaran.
• Guru mengajak siswa membuat norma ketika pembelajaran berlangsung di sebuah kertas dan menempelnya ditempat yang telah disiapkan oleh guru.
10 mnt
B. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
• Guru menyampaikan materi yang diajarkan yang disertai dengan tanya jawab untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi.
• Guru menampilkan video yang berhubungan dengan norma-norma dalam masyarakat sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep terhadap siswa
• Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk melakukan diskusi kelompok dimana dalam kelompok terdiri dari 5- 6 orang.
• Guru memberikan tugas/ permasalahan yang berkaitan dengan materi yang diajar pada kelompok untuk melakukan diskusi kelompok
• Dalam materi yang diberikan kepada kelompok kemudian dibagi sub materinya kepada tiap anggota, sehingga tiap anggota memiliki sub materi yang akan dia kuasai dan dipelajari secara mendalam dalam kelompok ahli.

b. Elaborasi
• Guru membentuk kelompok diskusi baru (kelompok ahli) dimana kelompok ahli ini merupakan perwakilan dari tiap-tiap kelompok yang mendapat sub materi yang sama sehingga dalam kelompok ini mendiskusikan sub materi tersebut secara mendalam.
• Setelah melakukan diskusi dalam kelompok ahli, maka tiap anggota kembali ke kelompok asli. dalam kelompok asli anggota yang memahami materi lebih ( setelah berdiskusi dalam kelompok ahli) mengajar teman satu timnya mereka tentang sub materi yang dikuasai dan anggota yang lainnya mendengarkan dengan serius dan sungguh-sungguh
c. Konfirmasi
• Guru memanggil siswa secara acak menurut no undian dari masing-masing kelompok (setiap kelompok membuat no undian yaitu kelompok pertama yang anggotanya terdiri dari 5 orang jadi no 1-5 dan diteruskan ke kelompok kedua yaitu 5-10 dan seterusnya)
• Guru memberikan pujian akan jawaban yang diberikan siswa
• Guru membimbing dan mluruskan siswa akan jawaban-jawaban yang diberikan oleh setiap siswa yang kurang tepat
• Guru membererikan tanggapan terhadap jalannya diskusi 60 mnt
Penanaman Konsep




















Penanaman kerja sama dan sharing pengetahuan











Penanaman Motivasi dan semangat belajar siswa
C. Kegiatan Akhir
• Guru bersama siswa menyimpulan materi yang telah jelaskan.
• Guru menugaskan siswa (Pekerjaan rumah)
• Memberikan postest kepada siswa. 10 mnt








E. Sumber Belajar
1. Buku paket ( Departemen Pendidikan Nasional )
2. Buku paket ( Yudistira
3. LKS ( Ratih )
4. UUD 1945

F. Penilaian Hasil Belajar
a. Tehnik Penilaian : Tes
b. Bentuk penilaian : Essay dan diskusi

Soal Essay
1. Sebutkan macam macam norma yang ada dimasyarakat dengan contoh
Pelanggarannya beserta sanksinya!
2. Sebutkan perbedaan antara norma hukum denga n norma yang lainnya
Dilihat dari sifat sanksi norma bersangkutan !
3. Sebutkan contoh prilaku yang sesuai dengan norma hukum(minimal 4).
4. Sebutkan contoh prilaku yang melanggar norma hukum (minimal 4 ).
5. Sebutkan ciri ciri orang yang taat terhadap norma yang berlaku
Dimasyarakat.
Soal diskusi :

1. Coba diskusikan dengan anggota kelompoknya mengenai norma Agama yang ada dimasyarakat dengan contoh-contoh pelanggaran yang biasa ditemui dalam masyarakat!
2. Coba diskusikan dengan anggota kelompoknya mengenai hakekat norma Kesopanan yang ada dimasyarakat dengan contoh-contoh pelanggaran yang biasa ditemui dalam masyarakat!
3. Coba diskusikan dengan anggota kelompoknya mengenai hakekat norma Kesusilaan yang ada dimasyarakat dengan contoh-contoh pelanggaran yang biasa ditemui dalam masyarakat!
4. Coba diskusikan dengan anggota kelompoknya mengenai hakekat norma Hukum yang ada dimasyarakat dengan contoh-contoh pelanggaran yang biasa ditemui dalam masyarakat!
5. Coba diskusikan dengan anggota kelompoknya mengenai adat istiadat yang ada dalam masyarakat dan mengapa adat istiadat dalam suatu masyarakat memiliki kekuatran/ memiliki sifat menguikat dalam masyarakat!

Kunci jawaban essay :
• Norma agama adalah norma atau petunjuk mausia dalam berprilaku yang berasal dari Tuhan.
Contoh pelanggarannya : Mencuri, membunuh, durhaka kepada orang Tua dll.
Sanksinya adalah mendapat hukuman diakhrat ( dosa ).

• Norma kesusilaan adalah norma yang bersumber dari hati nurani Manusia.
Contoh pelanggarannya adalah : berbohong, mencuri,durhaka dll.
Sanksinya adalah berupa penyesalan hati dan mendapat sanksi sosial.

• Norma kesopanan adalah norma yang timbul dan diadakan oleh Masyarakat untuk mengatur pergaulan masing masing anggota Masyarakat.
Contoh pelanggarannya:meludah di sembarang tempat, membuang sampah di sembarang tempat, bebicara jorok dll
Sanksinya adalah akan mendapat sanksi sosial yaitu dikucilkan dalam pergaulan dimasyarakat.

• Norma Hukum adalah norma yang dibuat oleh pemerintah atau Lembaga negara yang berwenang .
Contoh pelanggarannya adalah mencuri ,membunuh,dll
Sanksinya adalah Penjara , penjara seumur hidup, atau hukuman mati.

2. Perbedaannya adalah kalau norma hukum memiliki sanksi yang
Tegas dan memaksa, sedangkan norma yang lainya tidak tegas dan
Tidak memaksa.

3.Contoh prilaku yang sesuai dengan hukum yang berlaku dimasyarakat
- patuh terhadap peraturan lalu lintas
- patuh terhadap UUD 1945 dan Undang Undang
- patuh terhadap aturan yang berlaku
- membayar pajak ,

4. Contoh prilaku yang tidak sesui dengan norma yang berlaku
Masyarakat.
- membunuh.
- mencuri
- berbohong.
- melanggar aturan
- memperkosa dll

5. Ciri ciri orang yang patuh terhadap aturan yang berlaku adalah
- tidak suka melanggar.
- tenang dalam berprilaku/ tidak merasa terpaksa.
- hidupnya damai.
- memiliki perasaan yang tentram.





G. Rublik Penilaian Essay
1. sebutkan macam macam norma ,contoh pelanggarannya besrta sanksinya

No Kegiatan siswa Skor
1
2
3
4
5 Menjawab 4 benar
Menjawab 3 benar
Menjawab 2 benar
Menjawab 1 benar
Menjawab tapi semua salah 4
3
2
1
0
Skor maksimal 4

2. Sebutkan perbedaan norma hukum dengan norma yang lainnya
No Kegiatan siswa Skor
1
2
3
Menjawab benar dan sempurna
Menjawab tapi kurang sempurna
Menjawab tapi salah 4
2
0
Skor maksimal 4

3. Menyebutkan contoh prilaku yang sesui norma hukum

No Kegiatan siswa Skor
1
2
3
4
5 Menjawab 4 benar
Menjawab 3 benar
Menjawab 2 benar
Menjawab 1 benar
Menjawab tapi semua salah 4
3
2
1
0
Skor maksimal 4

4. Menyebutkan contoh prilaku yang melanggar norma hukum

No Kegiatan siswa Skor
1
2
3
4
5 Menjawab 4 benar
Menjawab 3 benar
Menjawab 2 benar
Menjawab 1 benar
Menjawab tapi semua salah 4
3
2
1
0
Skor maksimal 4

5. Menyebutkan ciri ciri orang yang patuh terhadap norma yang berlaku,
No Kegiatan siswa Skor
1
2
3
4
5 Menjawab 4 benar
Menjawab 3 benar
Menjawab 2 benar
Menjawab 1 benar
Menjawab tapi semua salah 4
3
2
1
0
Skor maksimal 4
Skala skor : 0 - 100
Skor maksimal : 20


Nilai Akhir = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Skor maksimal


Untuk menilai keaktifan siswa memakai tehnik penilaian OBSERVASI saat Diskusi

Format Observasi

No Nama Siswa Keaktifan siswa Skor
Sgt aktif aktif Ckp aktif Tdk aktif
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
dst




























Ket :
Sangat aktif = 90-100
aktif = 70-89
Cukup aktif = 60-79
Tidak aktif = 0-59

Penilaian tes skala keseluruhan :

No Predikat Skor
1 Sangat Baik 90-100
2 Baik 80 – 89
3 Cukup Baik 71 – 80
4 Kurang baik Kurang dari 71



H.Sumber Belajar
1. Bukut paket (yudistira )
2 LKS ( ratih )
3 UUD 1945
4 Artikel dikoran ( bali post )




Mengetahui Singaraja, Januari 2009
Kepala SMP Negeri 3 Singaraja Guru Mata Pelajaran PKN




Kadek Dony Wiputra
NIM 0714041044

































Lampiran Gambar

0 komentar:

Posting Komentar